Minggu, 04 Januari 2009

JENIS-JENIS SAPI POTONG

Disini kami berusaha meluruskan anggapan orang-orang mengenai sapi BRAHMAN!Bahwa sebenarnya yang dinamakan sapi BRAHMAN ialah sapi yang berwarna putih kepala agak kehitaman dan berpunuk besar,bukan yang berwarna coklat/merah seperti yang dikira selama ini.

1.BRAHMAN:sapi ini berasal dari india,namun banyak dikembangkan di Amerika,yang masuk ke Indonesia adalah dari Amerika.Bobot jantan maksimum 800kg dan betina 550kg.


2.LIMOUSINE:merupakan keturunan sapi Eropa yang berkembang diPerancis,sapi ini merajai di pasar-pasar sapiIndonesia dan merupakan sapi primadona untuk penggemukan,harganya mahal karena pertumbuhan badanya bisa mencapai 1,1kg per hari.



3.CHAROLAIS:sapi jenis ini juga di kembangkan di negara Perancis,warna bulu perak dan merupakan jenis paling besar di negara tersebut,sapi ini jarang di jumpai di pasar-pasar tradisional.Pertumbuhan badannya perhari bisa mencapai 1,3kg.



4.HEREFORD:sapi ini juga merupakan sapi keturunan Eropa yang dikembangkan di Inggris,berat jantan rata-rata 900kg dan betina 725kg.



5.SHORTHORN:sapi jenis ini sama dengan hereford dan juga dikembangkan di negara Inggris bobot jantan rata-rata 1100kg dan betina 850kg.



6.SIMMENTAL:sapi ini berasal dari lembah Simme negara Switzerland,tapi banyak dikembangkan di Australia dan SelandiaBaru,bobot jantan rata-rata 1100kg dan betina 800kg,sapi jenis ini banyak kita jumpai di pasar-pasar tradisional.



7.ABERDEN ANGUS:sapi ini masuk di Indonesia melalui Selandia Baru,tapi awal mulanya berasal dari Skotlandia,bobot jantan rata-rata 900kg dan betina 700kg.




8.BRANGUS:sapi ini adalah persilangan betina Brahman dan pejantan Aberden Angus.



9.SANTA GERTRUDIS:sapi ini adalah hasil persilangan antara pejantan Brahman dan betina shorthorn di kembangkan pertama kali di King Ranch Texas Amerika serikat tahun 1943 dan masuk Indonesia mulai tahun 1973,bobot jantan rata-rata 900kg dan betina 725kg.



10.DROUGHMASTER:merupakan persilangan antara betina brahman dan pejantan shorthorn,dikembangkan di Australia dan jarang sekali kita jumpai di Indonesia.



Dan masih banyak lagi jenis-jenis sapi di dunia.
Referensi www.embryoplus.com.Semoga bermanfaat!



34 komentar:

  1. Weh Sapinya besar besar om :) Boleh untuk Qurban satu aja gak om :)
    Johar : Esc Creation Dot Com

    BalasHapus
  2. he he boleh aja ...tapi beli sendiri di pasar hewan..btw makasih telah mampir.

    BalasHapus
  3. yang asli indonesia yang mana ya?

    kalo masalah kekeliruan di masyarakat yang menganggap brahman adalah sapi merah itu sudah sulit dibenarkan. sudah kadung mengakar puluhan tahun sih...

    BalasHapus
  4. yang indonesia gak masuk kategori sapi potong unggul mas det..gak saya msukan..makasih kunjunganya.

    BalasHapus
  5. Sapi indonesia kenapa Kurus-kurus yah?

    BalasHapus
  6. saya belum pernah lihat sapi potong seperti gambar tadi di pasar tradisional kecuali jenis brahman

    BalasHapus
  7. iya pak ini dari luar ,kalo yang di indonesia sudah campuran jenisnya.terimakasih mampir

    BalasHapus
    Balasan
    1. met siang pak....mohon infox untuk bibit sapi potong di jatim, kita bisa beli di mana ya? trims

      Hapus
  8. wah..besar2,jadi seneng ngelihatnya...yang cocok dikembangkan di iklim tropis spt di indonesia jenis yg mana ya..??

    setahu saya yg paling banyak dikembangkan disini jenis sapi Bali...tidak termasuk jenis yg unggul to..??

    BalasHapus
  9. kabar gembira buat anda pecinta ternak sapi potong,,,,
    prusahaan kami MEMPRODUKSI CD CARA TERNAK SAPI POTONG"BUKAN UNTUK PEMULA" CEPAT DAN MENGHASILKAN DAGING YANG BERKUALITAS-BESERTA DENGAN FORMULANYA.tersedia juga CD BUDIDAYA DI BID. PERIKANAN, PETERNAKAN, PERKEBUNAN & PERTANIAN"BESERTA FORMULANYA".
    PEMESANAN; 085727239022 - cdsapipotong@yahoo.com
    situs kami; cdternaksapipotong.indonetwork.co.id
    HARGA; Rp 50.000 + ONGKOS KIRIM
    bergegaslah,,,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lokasi di mana mas! + ongkir nya berapa kalau kota kolaka

      Hapus
  10. daRi jenis saPi diatas, apa semua bisa jika dipelihara diIndonesia??kmudian pakannya gimana?

    BalasHapus
  11. klo yang paling bagus untuk diternakan sapi jenis apa ya??

    BalasHapus
  12. pak anda jual jenis bakalannya nggak? yang betina kira2x sampai berapa ya? soalnya untuk diproduksi pak...

    BalasHapus
  13. Hanya Sapi Potong saja ya, kalau dengan Sapi perah bagaimana ya

    BalasHapus
  14. gimana pak?hoda win 100nya....masih di tunngangi.

    BalasHapus
  15. minta ijin untuk mengcopy content. tapi sumber infonya tetap saya cantumkan ^_^
    thx infonya

    BalasHapus
  16. ada yang mau pegang sapi sistem bagi hasil 50 : 50, khususnya diarea sekitar gresik, email ke arifin@swadayagraha.com atau call 081330654184

    BalasHapus
  17. minta info penjual sapi betina import dong mas...khususnya didaerah jawa tengah..nuwun.angga

    BalasHapus
  18. harga indukan limousin brp kisaranya ya pak tq

    BalasHapus
  19. mas,..itu sapi apa monster ya???...gede amat??/..

    BalasHapus
  20. saya ada lokasi tanah yg cukup luas di daerah puncak dgn ketinggian 1300-1500 meter diatas permukaan laut. Kira2 jenis sapi apa yg cocok utk dikembangkan disana? Bila ada yg tertarik utk kerjasama dlm menernakan sapi, bisa hubungi saya di arai_bass@hotmail.com. Trm ksh

    BalasHapus
  21. kpan bisa koleksi sapi ni hahaha

    BalasHapus
  22. Apakah di indonesia ada jenis charlois,kalau ada dimana bisa beli bakalannya.mohon penjelasannya.terima kasih.

    BalasHapus
  23. Jenis charolis kira2 dimana di jawa barat bisa beli bakalannya.mohon informasinya.

    BalasHapus
  24. saya punya yg tipe Simental & Doughmaster Tapi Tidak sebesar itu yak,, memang sih sapi jenis ini makan'y rakus bgt..... sampe kualahan ngempaninya...

    BalasHapus
  25. aq sih sering npak sibrahman sama doughmaster di RPH(rumah potong hewan)

    BalasHapus
  26. terima kasih atas informasinya semoga bermanfaat

    BalasHapus
  27. Sapi berbadan besar ya butuh pakan yang banyak mas...........biar gemuk. Kalau diberi pakan sedikit n kurang dari kebutuhan....malah jadi kurus

    BalasHapus
  28. Sapi Asli indonesia ya Sapi Ompong :D
    Lawong sapi Indonesia Kurus" semua, Ikut sengsara mikir negaranya yg AmboraduL

    BalasHapus
  29. margy kerto raharjo2 Februari 2013 17.15

    kalo bisa tolong kembangkan/ rekayasa tuk hasilkan jenis sapi dgn tampilan dan bobot spt spanis bull tapi dagignya selembut/ sekesat daging sapi lokal

    BalasHapus
  30. nie om ane punya suplemen buat ternak sapi. kalo minat bisa mampir di
    http://distributor-nasa-tulungagung.blogspot.com/2014/02/distributor-nasa-tulungagung.html

    BalasHapus